Blog entries   |  memahami diri sendiri

memahami diri sendiri

kebiasaan selly.. waktu kuliah. Pas ujian ituu.. pasti datang berapa menit mau masuk.

sudah baca.. tipe-tipe orang kan?

semuanya: ooh untuk memahami orang lain yaa selly? “Selly percaya.. siapa yang mengetahui semuanya, akan emmahami semuanya..”.

selly: bukan hanya untuk memahami orang lain, namun memahami diri sendiri. πŸ™‚

semuanya: lhaa.. memahami diri sendiri, lha buatt apaa…?

selly: supaya kalau kita tahuu.. kita jadi paham, ooh jadii saya kalau sedih mesti ngapain.. ooh jaga mata saya, karena saya visual-kinestetik misalnya. Dunia masuk ke diri saya, dengan cara melihat.

yukk diulang lagi:

ada 3 tipe menurut selly:

  1. visual: dunia masuk ke dalam dirinya dengan cara, ‘melihat’.
  2. auditory: dunia masuk ke dalam dirinya dengan cara, ‘mendengar’.
  3. kinestetik: dunia masuk ke dalam dirinya dengan cara, ‘merasakan’.

tanya: selly termasuk apa?

jawaban: menurut selly.. selly termasuk super kinestetik.

semuanya: tahu darimana?

selly: dari banyak kejadian yang selly alami, kayaknya selly super kinestetik. misal contoh lainnya adalah ada orang yang mengambil orang gila di pinggir jalan, dibawa ke rumahnya dan disembuhkan lalu dikembalikan ke keluarganya setelah sembuh. Selly yakin dan percaya orang ini super kinestetik.

tanya: kebanyakan orang apa selly..?

selly: campuran, namun pasti ada kinestetiknya (setiap orang.. punya hati nurani). Misal visual – kinestetik, atau auditory kinestetik.

tanya: gimana cara tahu, saya termasuk tipe mana..?

selly: selly tanya balik lagi yaa… kalau liburan biasanya pergi kemana?

  • nah kalau jawabnya ke puncak gunung, karena saat di puncak gunung saya bisa melihat pemandangan yang indah. Rasanya bahagiaa.. bangettt selly… (ini visual – kinestetik, ada kata ‘Melihat’. dan jugaa ada kata bahagiaa alias merasakan).
  • nah kalau jawabannya ke pantai…, karena bisa mendengar suara ombakk.. tenang bangett ke hatii… (ini auditory – kinetsteik, ada kata ‘mendengar’ dan kata tenang itu menunjukan dia kinestetik.
  • nah kalau super kinestetik gimana selly..? selly jalan-jalan sekitar rumah juga udah ok-oce, daun dipegang. teruus dirasain.. daun yang satu sama yang lainn ituu pas dipegang, ‘Rasanya’ beda. Bahagiaa.. (ada kata ‘rasa’ dan aneeh kayaknya kalau bagi visual dan auditory, ngapaiin lagii ini daun dipegang satu-satuu udah bikinn bahagiaa.. hehehee)

pakai ilmu ini untuk memahami orang lain. Kalau beda pendapat.. wajar. Mungkin beda tipe dengan Anda. Anda visual-kinestetik, teman Anda.. auditory-kinestetik.

tanya: selly bisa bedain yaa.. tiap orang.

selly: insyaAllah bisa… πŸ™‚ selly kayaknya paham satu-satu…

tanya: untuk kepentingan diri sendiri.. apa gunanya tahu tipe..?

selly: kalau sudah tahu.. visual – kinestetik. Maka dunia akan masuk lewat matanya.. jadi ‘jagalah mata’ (artinyaa saat baca berita.. oh iyaa saya visual – kinestetik, jadi pas baca berita harus hati-hatii memilih apa yang dibaca, itu berpengaruh ke alam bawah sadar kita, dan alam bawah sadar ituu..Β  88%, alam sadar itu 12%). Kalau auditory – kinestetik, maka ‘jagalah telinga’. (artinya.. kalau ada yang komentar, ooh iyaa saya auditory – kinestetik.. positif, lalu baca buku motivasi.. misal.. atau dengar quote orang-orang sukses, supaya yang mausk ke alam bawah sadar bagus.. alam bawah sadar ituu 88%).

Dan biasanya.. alam bawah sadar kita.. akan menarik orang yang berbeda dengan Anda. Bukan hanya sifat misal yang satu pendiam, yang satu periang. Sampai ke tipe-tipe ini. Mungkin.. yang visual – kinestetik akan menarik auditory – kinestetik. Suami istri diskusi ituu biasa… beda tipee (alam bawah sadar kita akan menarik yang beda untuk saling melengkapi).

semuanya: lhaa kalau super kinestetik narik yang mana..

selly: selly maksudnyaa? ga tahuu.. tipe mana kira-kira yaa? Hmm, kayaknya.. tipe mana ajaa.. yang ada ‘kinestetik’nya, hehehee. Misal visual – kinestetik.. Mungkiinn… πŸ™‚

Catatan: padahal putaran pertama.. selly ga ngapa-ngapain, diem aja… yaak? namun merhatiin selly-nya.. dan sudah punya pengalaman jadinya…

selly perlu menulis ini.. karena menurut pengalaman selly.. menghadapi putaran pertama. Itu masa tenang, kita semua sudah tenang nihh yaa.. adaa ajaa.. yang rame. entah tahu-tahu muncul berita ini.. ituu πŸ™‚ tenang.. tenang… yaa.

semuanya: iyaa πŸ˜€ (saya sudahh tahuu.. biar dijawab iyaa… kan sudah diajarin selly.. waktu ituu.. hehehee).

jadii.. menurut selly, semua harus tahuu tentang tipe-tipe inii.. supaya saat kita mengetahui semuanya, kita akan memahami semuanya.

semuanya: alaahh si selly, nulis artikelnya.. pas ada apaa.. baru dia nulis sesuai keperluan hehehee..

selly: lhaa kan begituu… ditanya baru jawab.

laluu akhir kata… sudah mau masuk masa tenang ini yaa..

tenang. sempurnakan niat, ikhtiar lalu hasilnya…bertawakal kepada Tuhan. Ingat yaa.. niat. Diulang niaat.. ituu pentiingg bangeettt hehehee. Hasilnya.. hanya bergantung dan memohon kepada Tuhan.

tenang yaa…

tenang… πŸ™‚

Selly Martinelly adalah air: bermuara ke lautan (fokus visi misi hidup), memadamkan api, sumber kehidupan, membersihkan dan menyesuaikan tempat (kuat, adaptasi.. dan contoh adaptasi adalah membuat artikel sesuai keperluan hehehee).

hormat saya,

selly martinelly adalah air

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *