Blog entries   |  Kita adalah Indonesia

Kita adalah Indonesia

sekarang jam 1:50 pagi.. dan selly tiba-tiba ingin menulis ini…

saling menyayangi sesama. Kita adalah Indonesia.

sebenarnya sudah bangun dari jam 1, lalu bolak-balik di tempat tidur.. dan akhirnya ambil terjemahan Al-Qur’an dan buka secara acak, yang keluar ini:

“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepada-mu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” (An-Nahl ayat 90)

oh yaa.. ada satu kebiasaan ayah selly, yaitu.. bercerita. Sejak selly masih kecil. Ayah menceritakan pengalamannya langsung, entah pengalaman organisasi atau apapun.. termasuk bercerita bahwa.. selly kecil harus bergaul dengan siapa pun. Sehari setelah menikah.. selly kan sudah pindah ke Depok. ikut suami. Pesan ayah, “Ikut kemana pun suami pergi..dan harus bisa menitipkan diri di mana pun kaka berada, bergaul dengan siapa pun. Apabila Bang barir sedang tidak ada, mereka akan menjaga kaka.”

jadinya.. dari mulai tukang sayur, tukang bengkel, ampe ke tukang parkir.. pada kenal insya Allah sama selly (di sekitar rumah selly…tapinyaa he he hee). Nasehat bapak selly, “Harus bisa menitipkan diri sama orang di sekitar lingkungan.. tempat kaka tinggal..”

Balik lagi.. sama nasehat Bapak..

Namanya limbong (yeaayy selly ingat namanya..), gadis berkulit putih dengan mata sipit, rambut lurus dan wajah yang tembem. Teman kecilku.. yang sekarang entah kemana…

Dia main ke rumah selly.. Namun lebih sering selly main ke rumahnya. Kalau siang neneknya, suka menyetel lagu rohani kristen. Lagu rohani kristen yang paling selly suka adalah ‘Di Doa Ibuku Namaku Disebut’. Nahh ini laguu.. dari limbong atau dari temen selly yang lain yaah 🙂 pokoknya ingetnyaa ituu ajjah.

sampai sekarang.. selly masih ingat rumahnya limbong, waktu masuk ada hiasan berbentuk bulat seperti daun.. dan ada loncengnya, ada patung, salib dan juga… pajangan dalam sebuah lemari khusus. Selly mainnya siang, dan saat siang neneknya limbong yang ada di rumah… yang hampir selalu menyetel lagu rohani.

Kalau sore, kita kayanya main rame-rame, entah main tali karet. Menjelang maghrib. Limbong pulang ke rumahnya, dan selly.. pergi mengaji sehabis maghrib.

sampai entah.. kapan selly tidak ingat, limbong pindah rumah..

begitu pun.. setelahnya… “Win.. bajunya bagus..”. “Ooh.. baju ini yang saya pake ke gereja waktu hari minggu, di rumah masih ada satu, beda warna. Selly.. mau?”. Baikk bangett kann? Namanya wiwin, sekarang entah kemanaa jugaa 🙂 Wiwin ini.. berkulit putih, mata sipit dan rambut belah tengah, lurus panjang sebahu.

sampai… ketemu teman selly yang berikutnya… kami beragam, namum kami saling menjaga dengan cara masing-masing dan mendoakan dengan keyakinan masing-masing. Kami saling menyayangi… Kita adalah Indonesia… semoga engkau bahagia di dunia hingga ke surga.

baik limbong, wiwin adalah teman selly.. dari suku tiongkok. Namun.. seseorang pernah bilang kepada selly… tak ada yang asli suku tertentu. Kita sudah menyatuu.. Indonesia. Yaapp bener bangett.. Kita adalah Indonesia.

energi baik ituu juga.. yang menghantarkan selly, kepada teman-teman selly berikutnya…

selly selaluu ajaa ketemuu orang-orang baik 🙂 dari kecil sampaaii sekarangg.

sampai ke olahraga-olahraga 🙂

semuanya: Maksudnyaa..

perkenalkan.. ini tempat olahraga selly kalau senam, ketemu ga sengaja sama ibu-ibu, lalu selly nanya.. “Ibu  kalau senam di mana?”, menghantarkan selly ke tempatt inii..

sebuah rumah sakit kristen khusus bersalin, yang mengizinkan lapangannya dipakai untuk kita berolahraga setiap selasa dan jum’at. Ini dia fotonyaa… seragamnya itu merah putih, yang berwarna itu belum punya seragam (biasanyaa harus nunggu berapa dulu, baru pesan.. kecuali masih ada stok.. begitu ceritanya.. hehe)

Ini salah satu nama kamarnya, namanya ‘Maria’. 🙂

sehabis olahraga kita berdoa, gurunya selly yakin dan percaya.. dari suku tiongkok. Kita adalah Indonesia. (dari kecil .. limbong, sampai selly.. usia 34 sekarang, energinyaa membawa selly kepada orang-orang yang baik. Kita adalah Indonesia, energi yang menyatukan).

Beliau bilang ini, “Semua ada tempatnya masing-masing, kalau mau tenang, pergi ke gereja, pergi ke mesjid dan tempat ibadah lainnya.. kalau mau sehatt.. pergi berolahraga. Mari kita berdoa sesuai keyakinan masing-masing. Semoga yang punya usaha.. usahanya makin maju, semoga suami kita selalu sehat, semoga orang yang kita sayangi selamat sampai pulang ke rumah.. pulang drai tempat kerjanya.. (semua doa disebutin dehh..).

energi ini juga.. yang membawa selly.. mengapa selly jadi nyetel lagu daerah di youtube. Karena lagu yang dipakai saat senam adalah lagu daerah dari seluruh Indonesia.

selly ketemu beberapa kali dengan biarawati. Namun.. dari semua foto, ga ada satu pun foto biarawatinya. Seperti kata favorit selly bilang, “Tak ada satu helai daun pun jatuh tanpa izin Tuhan”. Mungkin.. biar laki-laki yang baca tulisan selly.. jadi ga lihatt kecantikannya. Hehehee. Mungkin… 🙂

Jadinya dia datang.. terus pergi ke satu ruangan, terus ga keluar-keluar lagi.. sampai senam selesai (pas selly bawa kamera). Atau pas kebetulan selly bawa kamera, selly ga ketemu biarawati. Selly pasti izin dulu.. kalau pun mau foto.

setiap orang ituu punya energi. Saat ada orang di depan selly, ituu selly bisa merasakan (kayaknya sihh.. hehee. Semuanya: iih si selly jawabnya ga pede..), “Ini energinya beratt nihh.. (maksudnya orang ini mungkin lagi ada masalah berat, terasa)”.

Nah.. waktu selly ketemu biarawati.. dari jauh udah terasa teduh. Baju lengan panjang, rok dibawah lutut, dengan tudung di kepala dan kalung salib yang dipakai. Ia duluan menyapa selly…”Selamat pagi…”. Selly jawab, “Pagii..”. Kami berdua senyum saat berpapasan. Kadang gitu.. kita akan ketemu seseorang, namun ga banyak berkata. Namun energinya yang berbicara.

sekaligus.. selly mau bilangg. Kalau sama yang lainn selly.. gimanaa… gitu . Namun sama pak Prabowo, selly patuh. Karena sudah selly cek, energinya besar dan baik. Selly juga tidak tahu.. apa yang telah dilalui beliau dalam hidupnya, atau amalan apa yang telah ia perbuatt. Namun… baliknya energinya ke pak Prabowo lagi.. energinya besar dan baik. Dari bulan desember 2016 atau November 2016 yaah? energinyaa pertama kali muncul? selly lupaa…. selly sudah cek hehe.. namun selly cuekin, aahh mengapa energinya kesana.. salah kali inii.. kebetulann. Namun baliknya kesana-sana.. ke Pak Prabowo.

Sampai April 2017, energinya mengarah ke pak Prabowo. Jadi kalau selly patuhnya… sama pak Prabowo.. yaa energinya kesana, selly martinelly adalah air: menyesuaikan tempat (kuat, adaptasi), bermuara ke lautan (fokus visi misi hidup), membersihkan, sumber kehidupan, memadamkan api. selly martinelly adalah air.

Selly rasa cukupp dehh… dari 1998 ituu.. selly rasa cukupp, komentar apapun tentang beliau. Selly rasa sudah yaa. Selesai. Beliau setia kepada Indonesia.

setiap dari kita tidak tahu.. apa yang telah dilalui seseorang dalam hidupnya. Kata bisa direkayasan.. namun energi? tidak bisa direkayasa.. seperti selly bilang jauhh sebelumnya, energi itu berbicara. Selly martinelly adalah air.

lanjutt lagi lah yaah…

To: teman-teman selly.. dari suku tiongkok.. seperti kata seseorang.. kita adalah Indonesia. Untuk seseorang.. Terima kasihh, karena Anda.. Indonesia bersatu.

“Selly.. this is my wish..”. Dan yeaaayyy insya Allah, kita telah mewujudkannya. Indonesia bersatu. 🙂 Kita adalah Indonesia

Semoga Anda selalu sehat, bahagia.. semua doa terkabul. Doa yang sama untuk semuanya… Salam untuk Mamah yaa. Semoga mamah selalu sehat, bahagia, semua doa terkabul… Semoga impian anakmu terwujud, setinggi elang terbang di antara awan.. dan dilindungi Tuhan.. kemana pun ia pergii, ke negara mana pun.. ia melangkah pergi… mewujudkan Impiannya. Dan kembali ke Indonesia, membangun Indonesia. Doa yang sama untuk semuanya.. Amin..
———–
dan untuk semuanya… terima kasih selly ucapkan. Ada banyaakk.. bahkan mungkin selly tidak tahu.. dan mendoakan selly meski di dalam hati, hanya Anda dan Tuhan yang tahuu. Terima kasihh. Semoga selalu sehat, bahagia.. dan semua doa terkabul.

bahkan.. saat selly memutuskan mendukung Anies-Sandi, salah satunya… karena selly melihat seseorang memakai kaos (hari rabu seragamnya merah putih, hari jum’at seragamnya bebas) dan ada tulisan ini.. “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu” (Yohanes 15: 16).

Dan tahu gakk..? Nama mamah selly ada kata ‘Yohana’-nya. 🙂

Kita saling menyayangi. Kita adalah Indonesia. Tanggal 19 April 2017, pilih No. 3, diulang 3, coblos No. 3.

Pilih pemimpin yang mempersatukan.

Anies Rasyid Baswedan: “Saatnya kita membangun kembali rasa persatuan di antara kita. Mari kita perkuat persatuan itu.”

Saling menyayangi sesama. Kita adalah Indonesia…

selesai ditulis di jam 4 pagi..

ingat pilih Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudiin Uno untuk Jakarta. Tanggal 19 April 2017, pilih No. 3, diulang 3, coblos No. 3. Lihat tangan selly pada foto dibawah ini.. ‘3’ 🙂

foto selly tanggal 14 April 2017, ingat tanggal 19 April 2017, pilih 3, diulang 3, coblos No. 3. Ingat: 19 April 2017. Penting karena.. menyangkut banyak hal untuk anak cucu kita. Mengapa ada kata terima kasih? Karena kita akan menerima apa yang kita kasih. 19 April 2017 sangat menentukan. 19 April 2017, pillih No. 3 Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno. Coblos Nomor 3. Insya Allah.. kita ‘kasih’ Nomor 3, Insya Allah kita akan menerima banyak hal baik untuk anak cucu kita. Terima kasih. Kita akan menerima apa yang kita kasih. Energi berbicara.

hormat saya,

selly martinelly adalah air.

foto 14 April 2017, ingat tanggal 19 April 2017, pilih 3, diulang 3, coblos No. 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *