Blog entries   |  Keutamaan Bersabar Ketika Menghadapi Musibah

Keutamaan Bersabar Ketika Menghadapi Musibah

Artikel ini selly gak sengaja bacanya..jadi pas buka buku, tahu-tahu kebuka halaman 250. Ya gituu Allah indah, indaahh bangett ngajarinnya. Coba kalau curhat ke Allah, terus buka tafsir Al-Qur’an, ituu ketemu ayah al-qur’an yang ‘ngena’ bangett sama diri sendiri.

Ini artikelnya yaa:

Nasihat dihadapan Anda ini adalah nasihat Nabi Saw, Kepada Ummul ‘Ala’. Nabi menjelaskan bahwa musibah yang menimpa diri seorang mukmin adalah ujian dari Allah Swt. Untuk menghapus kesalahan dan dosa-dosanya. Ketika memperhatikan Al-Qur’an, anda akan menemukan bahwa mereka yang memanfaatkan nasihat dan pelajaran dari firman-firman Allah Swt. adalah merka yang bersabar.

  • (QS Asy-Syura (42): 32-33)
  • (QS Al-Baqoroh (2): 177)
  • (QS Ali Imran (3): 146)
  • (Qs Az-Zumar(39):10)
  • (QS Ar-Rad (13): 23-24

Sebagian para salaf mengatakan, “Barang siapa mengeluhkan musibah yang menimpanya kepada orang lain, maka ia seakan-akan Tuhannya. “Yang dimaksuud dengan keluhan disini bukan berarti Anda berkata kepada dokter yang  mengobati anda berkata kepada dokter yang mengobati anda terkena penyakit ini atau itu. Akan tetapi mengeluh sedih atas musibah yang ditimpakan Allah kepada orang yang tidak memiliki kekuatan mengindarkannya seperti teman atau tetangga.

Para salaf berkata, “Ada empat perbendaharaan surga: menyembunyikan musibah, menyembunyikan sedekah, menyembunyikan kefakiran, dan menyembunyikan penderitaan.”

Saudariku muslimah, dengarkanlah Imam Ibn ‘Abdi Rabbih Al-Andalusi metika dia berkata, “Asy-Syaibani berkata, “Temanku memberitahuku dan berkata, ‘Ketika aku mengeluh kepada temanku tentang sebagian penderitaanyang menimpaku, Syuraih mendengar keluhanku tersebut lalu menarik tanganku sambil berkata, ‘Hai saudaraku, hati-hati kamu mengeluh kepada selain Allah sebab ketika mengeluh, kamu tidak lepas dari dua kemungkinan: mengeluh kepada teman atau kepada musuh. Adapaun kepada temam. keluhan itu membuat dia sedih dan itu tidak bermanfaat sedikit pun bagi kamu. Jika keluhan itu kepada musuhmu, dia akan menghinamu. Lihatlah mataku ini!’ Dia menunjuk salah satu matanya.’Demi Allah. aku tidak pernah bisa melihat orang lain dengan mataku ini sejak lima belas tahun dan sampai saat ini aku tidak pernah memberitahukan kepada orang lain. Tidakkah kamu mendengar ucapan seorang hamba shaleh,

‘Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.’ (QS Yusuf (12):86).

Jadikanlah Allah sebagai tempat mengadu musibah yang menimpamu. Sesuangguhnya Dia adalah sebaik-baiknya permohonan dan tempat berdoa yang paling dekat.

Abu Darda r.a berkata, “Apalabila Allah memberi keputusan, Dia suka keputusan itu diridhai.”

Mari, perbaharui iman Anda dengan ucapan. “Tiada Tuhan selai Allah.” Carilah pahala di sisi Allah Swt. Dalam penderitaan Anda dan berhati-hatilah, jangan sekali-kali Anda memandang keputusan allah Swt. dengan mengucapkan, “Seandainya hal itu tidak terjadi.” Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Depok 31 Desember

jam 14:08

Selly rangkum dari buku ‘Menjadi Muslimah Bahagia Sepanjang Masa’. oleh Majdi Sayyid Ibrahim, penulis Buku Best Seller di Timur Tengah. Rangkuman halaman 250 – 261

Selly mauskan ke kategori ‘About kerajaan’. Setelah kita intropeksi diri sendiri, dan ketemu ‘pesan’ atau hikmahnya. Lalu sabar..simpan untuk diri sendiri. Curhatnya ke Allah. untuk semua orang di kerajaan selly. Amiiin. Termasuk yang nulis, hehehee. Amiinnn 🙂

3 November 2015, saat ke rumah sakit,

3 November 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *