Blog entries   |  Dunia ini Tempatnya Berjuang

Dunia ini Tempatnya Berjuang

Jangan Pernah Menyerah..

Gak ada yang kebetulan kan? Sama..saat selly tiba-tiba nonton iklan, disana ada Anggun C Sasmi. Dia bilang, bahwa saat di Indonesia dia sudah terkenal, orang sudah banyak yang tahu..itu Hidupnya kayak hambar. Apaa yaa yang bisa bikin saya terbangun dengan semangat setiap pagi. Akhirnya Anggun memutuskan untuk hijrah ke luar negeri, dia pilih satu negara. Disana merintis dari nol, bikin lagu, terus ngasih ke studio album rekaman, ditolak. Terus mengalami penolakan. Hidupnya disana dicurahkan untuk passion dia, semuanya..Tapi tetap keadaaan berbalik, mengalami terus penolakan. Sampai saat dia memutuskan untuk menyerah, karena kehabisan uang dan kayaknya kita semua ada satu titik saat bilang, “Oke saya lelah”. Laluu dia bilang sama diri sendiri, coba dehh sekali lagii. Kalau saya gagal kali ini, ya udah berhenti. Lalu dia ketemu seseorang lalu..darisana kebuka semua. Oohh salahnya disini yaa, kayak nge link satu sama lain.

Memang..masalahnya itu selly lihat adalah..kalau kita lagi panik,ituu tuuh kayak ada di ruangan gelap. Padahal solusi itu dekat, tapi gak kelihataan. Someday kita akan tahu..apa hikmahnya. Pas nemu sebuah cahaya dan kita bisa lihat semuanya. Di ruangan itu jadi terang, ketemu satu titik ini lalu ituu smapai akhirnya mengantarkan Anggun C Sasmi jadi penyanyi Internasional, meraih banyak penghargaan.

Selly pernah baca..Anggun ini dididik ‘keras’ oleh ayahnya. Jadi gak ada yang kebetulan di dunia ini. Ternyata diidkan keras ayahnya membentuk mental kuat. Yang punya ayah keras atau lembut, ituu udah cara Allah membentuk dan yang terbaik untuk kita.

Maksud selly, ambil hikmahnya supaya apaa..kita gak berada di ruangan yang gelap terus. Hikmah itu cahaya. Dan kalau gak dapat cahaya..terus kita akan ‘Mencari’, akan ketemu itu itu lagi. Pernah bertanya, “Koo nasib aku gini bangett, selaluuu ketemuu gini lagi”. Mungkin belum menemukan hikmah. Jangan menyerah karena..Kadang saat kita memutuskan menyerah, itu adalah titik balik menuju kesuksesan kita.

Inget waktu selly ikut seminar yang salah satu pembicaranya yang punya bukalapak.com, dia seorang mahasiswa ITB yang beda cara berpikirnya dari kebanyakan temannya, kata dia..saya kasian sama orang lain kalau ngelamar kerja. Mengurangi jatah orang. Harusnya saya bisa membuka lowongan pekerjaan buat orang lain. Dan temen-temen saya ketawa..tapi saya ‘tetep’ gak menyerah pada cara pemikiran saya. Dan seorang pengusaha itu pastii akan mengalami ‘rasa dikucilkan’, karena cara berpikir kita beda sama orang kebanyakan, kita minoritas.Lalu jualan mie ayam, gagal. Dan akhirnya..saya merasaa ‘Bener yang dikatakan orang, saya ini..terlalu idealis!’.

Sampai akhirnya saya mau menyerah waktu ituu. Tapi hati saya bilang, “Cobaa deh sekali lagi, kalua yang ini gagal, udah selesai. Gak akan saya mau jadi pengusaha lagi”. Akhirnya saya kan udah habis uang gak punya, temen pada menjauh..saya cuma punya satu keahlian, ‘Coding”. Ya udaah saya bikin website, karena ituu yang saya bisa. Habis website jadi. Mau diisi apa yaa (ini udah jalan ALlah lagi..kayak dituntun kan, pokoknya bikin website dulu gak tahu nanti mau ngapain?)

Saya datangii itu toko, nawarin, mau jualan gak di toko saya, gratis!”. Dan lebiih dari 90% menolak. Sampai satu waktu ada yang menerima, lalu akhirnya yang lain ikutan juga jualan di website saya.

Gak ada yang kebetulan di dunia ini, rambut saya seperti ini, lurus atau keriting. Mata yang ini..fisik yang ini. Orang tua yang ini.

Satu kata selly: Nikmati aja!

Nikmati aja..jalannya Allah. Akan dituntun, kamu mestii gini lhoo, kesini duluu..jangan langsung kesana. Ketemu orang ini duluu supaya deket sama Allah, ketemu yang ini dulu..Lalu aku hancurin bisnismu supaya kamu belajar banyak hal.

Jangan sedih, kadang cara kerja Allah gak masuk akal menurut selly. Pas saya jatuh bisnis, saya banyak belajar. Pas saya di posisi atas, saya malah gak banyak belajar.

Termasuk..temen-temenmu sekarang, kalau deket sama Allah, ituu lagi dipilihin. Yang ini temenan yaa..yang sama ini jangan. Gimana aja caranya Allah misahin. Adaa..aja termasuk cara Allah supaya, “Kita deket sama Allah”. Dikasih kebahagiaan tetep gak deket, ya udah..dikasih kesedihan deh masih mau jauh sama Allah?”.

Nikmati aja setiap episode kehidupan. Hapus yang lalu..tulis ulang seperti kertas putih dengan taubat. Lalu menulis yang baru semua hal yang indah.

Ada aja..cara Allah membentuk kita.

Inget gaa yang cerita selly, seorang pengusaha tetangga selly ngajarin, “Bisnis itu soal mental”. Ketemu di kol mini L300 Bogor – Sukabumi, padahal kol mini itu banyakk kenapaa mesti ketemu bareng cobaa, selly yaa, anak pak ini kan? (nyebut nama ayah selly), saat dia bangkrut (mobil aja ampe dijual), habiis ituu dia pindah ke Yogyakarta karena anaknya kuliah disana.Pindah ke kompleks perumahan selly, selly udah tinggal disana, lalu ketemu episode ini pindah..kayak udah jalan ceritaa selly..

Pernah kan ketemu orang yang gak kenal terus dia ngajarin sesuatu buat kita. Selly pernha tuuh, ketemu ibu-ibu di angkot, pulang belanja buat katering (pesanan orang), dia bilang, “Rezeki itu adaaa aja, doa ke Allah. Yang halal, adaa aja dek”. Gitu ke selly, dalemm kan? saat bisnis slely hancur tuhh. Wkwkwk. Rezeki ada aja selly..gituu jangan menyerah kata Allah.

Adaaa aja cara Allah. Udah takdir. Mau sedih atau senang udah takdirnya. Yang terjadi itu yang terbaik, karena gak ada daun yang jatuh tanpa izin Allah.

Udah nikmati aja..mungkin itu doa Ibu Bapak kita yang mau kita jadi anak sholeh, tapi tetep..gaaak nemu caranya kita deket. Allah tahu kelemahan kita apa, dibuatnya kita sedih dengan kelemahan kita jadi deket sama Allah. Soalnya dinasehati pake kata-kata orang tua gak cukup kata Allah. Caranya ini..diketemuin di link-in sama orang-orang yang harus deket juga sama Allah. Jadinyaa kalau diketemukan kata Allah, bakalan deket dua-duanya sama Allah.

Hari ini..selly berterima kasih untuk semua hal yang datang dalam hidup selly, mau sedih..senang..semuanya karena belum tentu kalau itu gak terjadi, kita seperti sekarang.

Ehh bener lhoo..

Saat Ustadz Yusuf Mansur udah lama gak kuliah terus mau daftar ulang, ditolak. Kata Ustadz Yusuf Mansur ada 2 hal:

  • Saya kurang doa
  • Memang itu yang terbaik buat saya, kalau saya waktu itu diterima, lalu kuliah, lulus..Gak ada saya sekarang. Yaa saya jadi pengusaha itu..mau cari kerja lulusan SMU, mau ngelamar kemana..Jadi bisnis.

Mari yuk, hapuus air mata, sedih senang. Semuanya udah takdir. Udah ceritanya begitu. Mulai hidup baru bagai kertas putih. Nulis ulang. Yang indah-indah, yang dulu nyakitin..doain. Allah aja maha pengampun, penyayang, masa kita gak mau memberi maaf yaa..Sekarasellymartinelly108ng kalau ada yang nyakitin, “Balikin..doain yang baik-baik”. Sabarin aja..Gak ada yang kebetulan. Lebih ke intropeksi diri dulu ini ujian atau azab?, kalau ujian ya udah sabar. Kalau azab taubat lalu sabar.

Selly jadi inget kata-kata teh Efi guru liqo selly, suaminya meninggal ketabrak sopir truk. Dan tahu gaa..yang nabraknya itu punya anak laki-laki, dan anak laki-laki muridnya ustadz irfan. Itu rahasia Allah entah apaa hikmahnya.

Jadii teh efi pernah cerita, suaminya ituu sibuuk sekali. Sampai ke desa-desa, pedalaman. Sampai teh efi bilang gini, “Abah, orang kerja aja ada jam kerja, abah mah gak ada, sibuuk bangett”. Kata ustadz irfan jawabannya ini, “Ummi, kita itu istirahatnya di akhirat”. Teh efi cerita suaminya ampe berkaca gituu. Teh efi katanya udah nikah lagi, udah lama 10 tahun yang lalu. Sama pimpinan pondok pesantren, yang istrinya juga meninggal karena sakit. Oh yaa..ada cerita juga, kalau pas nikah itu ustadz irfan itu udah mimpi berkali-kali jawabannya teh efi, padahal..teh efi itu dilamar nolak orang tuanya, karena kakaknya tidak mau dilangkahi.

Tapii tetep jawabannya teh efi. Balik lagii ustadz irfan ngelamanya teh efi..Ya ituu juga mungkin hikmahnya kejadian, ustadz irfan eninggal muda di usia 30 an. Kata teh efi, “Allah itu sayaang sama abah mungkin, jadii udah cappeek istirahat, makanya cepet diambil Allah”.

Waktu dimakamkan ituu kata temen selly indah (yang sekarang udah hapal al-qur’an katanya), pas dimakamkan ada wangii tapi gak tahu darimana, teruus ada gagak hitam datang aja tiba-tiba gitu..karena meninggalnya juga baru pulang dari pengajian ketabrak truk, itu kan kayak jihad yaa..

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *