Blog entries   |  Amalan-amalan ikhlas

Amalan-amalan ikhlas

Amalan-amalan ikhlas..

  • Allah sangat terharu jika kita menolong orang lain yang tidak ada hubungan darah. Berdoa itu bisa dimana saja..di angkot, lihat ada Bapak yang nenteng jualan, “Ya Allah.. semoga dagangan Bapak itu laris, secepatnya pulang ke rumah dan berkumpul dengan keluarga, semoga bahagia, dimudahkan rezeki.”.. dan lain-lain… misalnya bajunya warnanya sudah pucat, “Ya Allah.. semoga ada yang ngasih baju baru ke Bapak ini….”. Cukup di hati doanya. Dan Bapak itu tidak tahu kita doakan. Rasanya hanya Anda dan Allah. Berdua sama Allah aja. Dan itu nikmaat bangeet. Bangeett bangeett. Dan menurut selly.. itu salah satu cara mensucikan hati, supaya hati bersih..
  • Apa yang kita berikan kepada orang lain.. sebenarnya adalah kita sedang memberi kepada diri sendiri. Karena itu energinya akan kembali. Dulu.. ada salah seorang, kita namakan saja ‘Nelly..’ yang bekerja jauh dari anak. Tips selly adalah jika ingin dekat dengan anak, maka bahagiakan anak orang lain. Misal.. sekarang sedang berantem sama anak.. maka bahagiakan anak orang lain. Itu energinya akan balik, tahu-tahu anak kandungnya nelpon dan bilang, “Papah.. maafin aku yaa paaah.. aku sayang Papah.”. Tips yang dulu selly bilang ke nelly bisa dicoba yaah, ini artikelnya: game untuk nelly
  • Allah tidak melihat seberapa besar yang kau berikan namun keikhlasan didalamnya. Selly keinget kata mamah selly dulu ngajarin selly, ‘Kaka.. bukan hanya apa yang diberikan, namun saat memberikan. Misal ngasih ke suami walaupun cuma teh hangat namun diberikan dengan senyuman dan kata-katanya hangat itu akan sampainya beda.. kata mamah.”
  • ikhlas itu penting karena energinya akan sangat jauh berbeda. jika amalan tidak ikhlas.. seperti ada pasir di telapak tangan kita, lalu kita genggam sisanya tinggal sedikit kan? lalu sisa itu terhapus air laut. Habis sudah. Jadi kadang selly juga berpikir, “takut amalan ga  ikhlas..”. Kita perlu amalan yang hanya kita dan Allah yang tahu. seperti mendoakan di dalam hati… cerita di angkot tadi. Mungkin amalan itu malah yang menyelamatkan kita di akhirat…

Praktek:

jadi hari itu selly pergi seminar dan pulangnya selly mau membuat terharu 5 orang (niatnya hehe).

  1. naik angkot ke statsiun pasar minggu, pas mau turun, “Adek terima kasih yaah.. sudah mengantarkan saya dengan selamat..”. Si adeknya kali ga pernah ada yang bilang gini atau hati lagi hepii kali yaah hehe dia bilang, “Wees…”. sambil senyum. Selly bilang sama diri sendiri, ini dihitung satu. hehe
  2. Di statsiun pasar minggu bagian tiket, “Paak..” selly mendekat ke bagian lubang di kaca itu (biar kedengeran).. Bapaknya bilang, “Ada apa?”. Lalu selly jawab, “Terima kasih yaah.. Bapak sudah bekerja bahkan di hari minggu untuk kami…”. Bapaknya yang lagi ngitung kembalian, berhenti 3 detikan, lalu kembali ngitung uang, tanpa ekspresi dan memberi uang kembalian ke selly. Lalu selly bilang sama diri sendiri, “Ini ga dihitung niih…wkwkwkk”.
  3. Pas mau masuk statsiun kan melewati mesin tuh, ada adek yang jaga, “Adek.. terima kasih yaah, adek sudah bekerja untuk kami, bahkan disaat hari libur seperti hari ini..”. Si adek senyum-senyum, menganggukan kepala dan bilang, “Ooh iyaa bu.. sama-sama..”. Nah ini dihitung niih kata selly dalam hati, jadi baru dua. Hehehee…
  4. Turun statsiun depok, pergi ngebakso. Habis ngebakso bilang sama ibu penjual, ‘Bu.. terima kasih yaah, basonya enak sekali (beneran enak temen-temen wkwk), terima kasih karena ibu.. perut saya yang lapar jadi kenyang sekarang…”.  Ibunya bahagia kayaknya dnegernya.. Ini selly hitung, jadi baru 3.
  5. Naik ojek, turun dari ojek, “Makasih yaa maas, karena telah mengantarkan dengan selamat, semoga mas selalu sehat dan bahagia”. Masnya ngangguk senyumm.. Ini selly hitung.. jadi baru 4. Masih kurang 1 kan? selly beli yoghurt tadi di seminar (Mbak penjualnya selly hitung satu aja yaah..hehe maksa si selly, ngepas bangeett inii yaak wkwk). Jadi pas 5 dehh.. horeee target tercapai. cihuuyyy.. tapinyaa.. jaga-jaga, selly kasih yoghurt ke dua tetangga selly, ngepas banget lima soalnya. Takut ada yg ga kehitung.. hehe.

Yang tadi dilakukan itu ga hanya bikin terharu orang lain, namun bikin terharu ke diri sendiri, kitanya juga hepii.. karena kayak game bikin amalan sama diri sendiri hehee.

itu amalan ikhlas yang mudah bukan?

Salah satu tanda amalan ikhlas menurut selly.. hanya kita dan Tuhan yang tahu. Orangnya juga ga kenal.. dan bahkan udah ga ingat, gimana wajah si tukang ojek, mas penjaga tiket dll hehehee.

Setelah itu…

Nanti pas doa, itu bisa dipakai untuk merajuk ke Allah sebelum berdoa minta sesuatu. ‘Allah.. Allah tadi kan .. saya sudah membuat mas tiket tersenyum bahagiaa.. Allah tolonglah.. Allah… kabulkan doa..”. Sama kayak minta sesuatu ke Mamah kita, ke Allah juga.. buat dulu kebaikan.. baru minta sesuatu.

tips: mendoakan diri sendiri belum tentu dikabulkan, jadi doakan orang lain (itu energinya akan balik ke diri sendiri..).  Mau jodoh? doakan orang lain supaya secepatnya dapat jodoh. Buat malaikat yang khusus mencatat amalan baik, jadi sibuk mencatat hari itu.

ajarkan ke anak kita.. lalu pas dia pulang sekolah tanya, “Hari ini anak mamah sudah membuat malaikat pencatat amal baik sibuk mencatat kan?, sudah.. sudah kan.. anak mamah yang shalehah dan cerdas inii…? Mamah yakin dan percaya pasti sudaah…”.
Kalau anaknya cowok: shaleh

sekian… Depok, 24/2/2017 selesai ditulis jam 3:50

 

sellymartinelly (6)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *